facebook pixel

Dapatkan Tipsnya Sekarang Juga...
Merencanakan Manfaat Asuransi Yang optimal
Hanya Dengan Premi Minimal

Caranya, cukup isi form di bawah ini :
Nama Depan :
Alamat Email :
Nomer HP :


Kenalan dengan Paper Asset yuk, Program Aset Pintar yang digunakan di Negara Maju

Mungkin istilah ini cukup asing di telinga anda. Apa sih paper asset itu?

Jika di Indonesia selama ini kita mengenal istilah aset adalah seperti properti, tanah, modal bisnis, emas, dan deposito . Aset-aset jenis ini biasanya disebut conventional asset.


Conventional asset sendiri masih cukup menarik di mata orang Indonesia, karena dipercaya aset ini akan selalu mengalami peningkatan nilai investasi secara signifikan. Tetapi aset yang bersifat conventional tentu saja memerlukan intervensi dari pemilik aset dan pengelola. Sebagai contoh, jika anda memiliki properti berarti anda perlu melakukan perawatan gedung dan fasilitas didalamnya agar properti tetap terlihat bagus dan laku di pasaran. 

Contoh lain, jika anda memiliki aset tanah, anda membutuhkan jasa notaris dan pembuatan akte tanah, tentu saja hal ini akan bertambah ribet jika aset-aset yang dimiliki direncanakan untuk diberikan kepada ahli waris. Semua hal tersebut membutuhkan tambahan biaya diluar dari nilai aset itu sendiri.

Jika berinvestasi pada emas, anda harus mampu menjaga aset ini di tempat yang aman, sekali lagi hal ini membutuhkan biaya, anda juga harus memantau terus menerus harga jual dan beli emas. Selanjutnya jika anda menempatkan dana pada deposito bank, anda harus membanding-bandingkan dengan bank lain, buka account tabungan, dan memperhatikan tanggal jatuh tempo. Ditambah lagi, aset-aset diatas harus dilaporkan sebagai objek pajak dan ada beban pajak yang harus dibayarkan.



Semua aset diatas disebut juga aset kerja keras, yang dimana merupakan kalkulasi dari 
WAKTU + TENAGA + PIKIRAN. Betul ?

Di negara Maju seperti Eropa, Amerika, Singapura, dan Jepang, jenis aset conventional atau aset kerja keras ini sudah mulai ditinggalkan karena tidak efisien. Mereka menggunakan pengelolaan aset yang lebih pintar yang tidak membutuhkan WAKTU + TENAGA + PIKIRAN. Aset pintar ini bernama Paper Asset.

Apa itu Paper Asset ? Paper Asset ini adalah aset yang befungsi untuk melindungi aset kerja keras anda yang selama ini anda kumpulkan. Aset pintar ini akan berfungsi secara maksimal saat keadaan darurat dimana terjadi hal yang membutuhkan biaya besar, yaitu resiko kehidupan seperti sakit kritis, kecelakaan, cacat tubuh maupun meninggal.

Cara kerja Paper Asset ini adalah dengan menyisihkan dana 10-20% dari nilai yang ingin kita dapatkan. Sebagai contoh, anda menginginkan aset sebesar 20 miliar, berarti anda harus membeli paper asset ini dengan harga 2 - 4 miliar, tetapi pembayarannya tentu saja bisa di cicil sesuai dengan kemampuan keuangan anda. Atau jika anda menginginkan aset sebesar 5 miliar, berarti anda harus membayar 500 juta - 1 miliar.

ApA sih keunggulan Paper Asset dibandingkan dengan Conventional Asset ?
1. Tidak perlu uang deposit
2. Tidak ada biaya pajak waris
3. Tidak ada biaya balik nama atau notaris
4. Bisa dibagi rata dan adil kepada ahli waris, tidak butuh jasa pengacara mengatur hak ahli waris.



Paper Asset ini merupakan program dari Allianz Life Indonesia. Bagaimana Program Paper Asset ini bekerja ? 


Tapri = tabungan pribadi (Ingat ! Butuh waktu + tenaga + pikiran hingga berpuluh-puluh tahun).
TAPRO = Tabungan Proteksi ( Paper Asset) - uang langsung cair secara cash jika terjadi salah satu resiko kehidupan.

Menurut survey World Health Organization (WHO), 9 dari 10 orang di Indonesia mengalami sakit kritis seperti jantung, kanker, stroke terlebih dahulu sebelum meninggal. Masihkah anda berpikir bahwa sakit kritis bukan sesuatu yang pasti? Meskipun semua orang berharap hanya dalam kondisi sehat-sehat saja, tetapi pernahkah sakit kritis memilih jenis orangnya ketika mau datang menyerang?

Bukankah anda mengumpulkan aset conventional (aset kerja keras) supaya ketika anda sudah tidak dapat bekerja lagi, anda tetap memiliki penghasilan (passive income)? Uang sakit kritis (critical Ilness poin no 4) dari Allianz Life Indonesia dapat membayar biaya uang sakit berat anda, biaya non medical seperti biaya makan sehari, transportasi, dan biaya hidup lainnya seolah-olah anda masih bekerja dan produktif.

Kemudian, kembali ke program Paper Asset. Mungkin anda berpikir kecelakaan, cacat tubuh, dan sakit kritis belum tentu mendatangi anda. Tetapi bagaimana dengan meninggal? Semua orang pasti akan mengalami kematian, suka ataupun tidak suka. Anda mengumpulkan aset conventional untuk memberikan warisan kepada pasangan dan anak-anak jika anda sudah tiada. Betul?

Uang pertanggungan meninggal (UP Jiwa) anda yang menjadi warisan bagi pasangan dan anak-anak anda. Dan polis asuransi bukan merupakan objek pajak sehingga anda tidak terkena beban biaya diluar nilai aset anda. Usia seseorang tidak ada yang bisa menebak, resiko kehidupan bisa datang kapanpun tanpa pemberitahuan.

Baca juga : Proses pengajuan klaim di Allianz


Mau bukti yang lebih kuat lagi kalau Paper Asset jauh lebih efisien dibandingkan Conventional Asset?

Menurut Irene Salaki, salah seorang konsultan pajak Indonesia yang sering menjadi narasumber tax planning oleh Financial Planner Association Indonesia mengatakan bahwa 
1. Hasil aset yang merupakan klaim dari asuransi , bukan merupakan objek pajak
2. Paper asset dalam bentuk polis asuransi, tidak dikenakan pajak berbeda dengan conventional aset.
3. Produk unit link dibebaskan dari pajak, karena ada fitur asuransi (tidak seperti jenis investasi lainnya antara lain reksa dana, deposito, dan saham).
4. Jika di Jepang hasil klaim asuransi bisa terkena pajak 70%, Amerika sebesar 40%, di Indonesia adalah 0%.

Dan terakhir, tentu saja tidak ada penarikan biaya tertentu ketika melakukan proses klaim asuransi di Allianz Life Indonesia. Sangat menarik ya program Paper Asset?

Banyak orang yang enggan membeli asuransi karena mereka memiliki pengalaman buruk, ada juga yang merasa ujung-ujungnya tidak terpakai, bahkan ada yang mengatakan prosedur klaimnya sulit.
Padahal dengan membeli asuransi berarti anda telah melindungi diri sendiri. Tidak ada orang yang pernah bangkrut hanya gara-gara membeli asuransi, tetapi sering kali banyak orang bangkrut karena tidak memiliki asuransi.

Sebelum anda membeli asuransi, konsultasikan kebutuhan asuransi anda dengan agen asuransi anda.
Atau konsultasikan kebutuhan anda bersama saya disiniGRATIS !

Atau hubungi

Clara 081520465346 (Whatsapp)
IG : @tips_membeli asuransi
Page FB : tips membeli asurani

Akhir kata, semoga anda sehat selalu dan menjadi masyarakat yang cerdas dan bijak.