facebook pixel

Dapatkan Tipsnya Sekarang Juga...
Merencanakan Manfaat Asuransi Yang optimal
Hanya Dengan Premi Minimal

Caranya, cukup isi form di bawah ini :
Nama Depan :
Alamat Email :
Nomer HP :


Yang Harus Anda Lakukan Ketika Didatangi Agen Asuransi


Pernahkah anda didatangi oleh agen asuransi? Atau saat ini malah dikejar-kejar asuransi?Apa yang ada dibenak anda saat itu? Apakah menurut anda asuransi ada manfaatnya?
Apa persepsi anda tentang Asuransi?
Cukup banyak tanggapan yang muncul, ada yang berkonotasi negatif tetapi ada juga yang positif.
  1. Saya tidak mempunyai uang beli asuransi
Orang yang tidak mampu membeli asuransi sebenarnya justru orang yang lebih membutuhkan asuransi dibandingkan dengan orang yang mampu membelinya. Jika anda mampu membayar semua tagihan saat anda sehat dan bekerja, bagaimana mungkin anda akan dapat membayarnya saat anda sakit dan tidak memiliki penghasilan?
Asuransi adalah rekening AJAIB yang akan dapat mengurus pembayaran semua tagihan-tagihan lainnya jika anda menderita sakit kritis, cacat tetap, atau meninggal dunia. Asuransi harus menjadi prioritas utama alias kebutuhan pokok bagi setiap orang untuk mempersiapkan dana masa depan. Asuransi jelas konsepnya seperti menabung sebagian uang setiap bulannya agar suatu saat ketika dana itu dibutuhkan, langsung tersedia.
2. Saya masih punya cicilan
ketika anda memiliki kredit rumah, mobil, dll, anda harus terus menerus membayar sejumlah besar uang selama jangka waktu yang lama mulai dari 2 -10 tahun ke depan. Anda memang dapat memenuhi kewajiban tersebut, tetapi bagaimana kah anda memenuhi kewajiban tersebut jika terjadi sesuatu dengan anda seperti terserang penyakit kritis bahkan meninggal sebelum habis jangka waktu yang ditentukan untuk membayar cicilan? Jika terjadi hal tersebut kepada anda, sanggupkah keluarga anda membiayai cicilan tersebut dan biaya hidup sehari-hari seperti ketika anda dalam kondisi sehat? Marilah pastikan keluarga anda tetap bisa tinggal di rumah yang nyaman, membiayai cicilan dan biaya hidup. Asuransi mampu menyiapkan sejumlah dana untuk menjamin cicilan dan biaya hidup tetap terbayar seperti biasanya seolah-olah anda masih bekerja ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
3. Saya tidak butuh asuransi
Saya setuju bahwa anda bisa hidup tanpa asuransi. Tetapi apakah anda bisa menghindari 5 hal ini dalam hidup (sakit kritis, kecelakaan, cacat tetap, meninggal, dan tua)? Apakah anda bisa memilih mau sakitnya kapan, pilih jenis penyakit atau kecelakaannya, dan butuh biaya berapa jika salah satu hal di atas terjadi?
Sebagai contoh, artis Julia Perez pernahkah dia berpikir bahwa akan terserang penyakit kanker serviks di usia muda dan membutuhkan biaya miliaran rupiah untuk berobat? Ketika kanker serviks sudah menyerang dan Julia Perez membutuhkan biaya miliaran rupiah, apakah asuransi bisa dibuat ketika kondisi tersebut sudah terjadi?
Atau bagaimana dengan pengusaha yang meninggal, tetapi juga meninggalkan utang di perusahaannya? Bagaimanakah keluarganya bisa membayar semua utangnya jika sang pengusaha sudah dipanggil Yang Maha Kuasa?
Ya, mereka sangat membutuhkannya tetapi tidak dapat membelinya jika hal tersebut sudah terjadi. Asuransi justru dibeli ketika anda dalam kondisi sehat, seperti uang yang ditabung untuk mempersiapkan dana darurat alias sedia payung sebelum hujan.
seperti kutipan Julia Perez, “jangan pelit dengan diri sendiri, gunakan asuransi. Kalau saya tahu saya butuh 3-5 miliar, saya akan membeli asuransi dengan pertanggungan besar.
4. Saya diskusikan dulu dengan istri/suami saya.
Jika anda menanyakan kepada pasangan anda apakah perlu membeli asuransi atau tidak,, maka pasangan anda berpikir, “apakah dengan membeli asuransi, saya mendoakan pasangan saya supaya cepat meninggal agar bisa dapat warisan?”
Marilah kita berpikir lebih jauh, jika anda sebagai pencari nafkah meninggal apakah pasangan anda dan anak-anak masih bisa membayar cicilan, kebutuhan hidup, dan biaya sekolah anak-anak atau menyekolahkan anak di sekolah terbaik bahkan diluar negeri? Jika hal ini terjadi, bukankah anda menempatkan pasangan anda dalam keadaan yang sulit?
Asuransi adalah hadiah yang terbaik yang anda belikan untuk pasangan dan keluarga anda. Anda tidak perlu berdiskusi dengannya. Anda dapat langsung membelinya. Setelah anda menerima polis, hadiahkanlah kepada orang yang terkasih dan katakan padanya bahwa “jika terjadi sesuatu kepada anda, anda masih sanggup membiayai kebutuhan seperti biasa, tinggal di rumah nyaman bahkan membiayai sekolah anak anda. Polis ini yang akan membantumu jika terjadi sesuatu kepadaku dan aku tidak bisa membayar kebutuhan hidup. Sebesar inilah cintaku padamu dan keluarga kita. Asuransi adalah bentuk cinta kepada pasangan anda.
5. Tuhan yang memelihara kehidupan keluarga saya
Ya, saya sangat setuju dengan anda untuk pernyataan ini. Kita sebagai manusia tidak akan lepas dari pemeliharaan Tuhan dan Tuhan pasti akan selalu mencukupkan kebutuhan kita. Apakah anda pernah mendengar kisah ini:
suatu ketika di sebuah perkampungan terjadilah banjir besar sehingga merendam seluruh rumah yang ada di kampung tersebut. Orang-orang berusaha bertahan hidup, mereka naik ke atap rumah dan menunggu datangnya pertolongan disana. Pertolongan pun datang melalui helikopter, orang didalam helikopter berkata “silakan bapak dan ibu naik ke helikopter karena hujan tidak akan berhenti dan air akan meluap semakin tinggi.” salah satu keluarga membalas, “tidak, saya akan menunggu Tuhan menolong.”
kemudian datanglah kapal menawarkan hal yang sama, tetapi keluarga tersebut menjawab dengan pernyataan yang sama. Hingga akhirnya, banjir meluap hingga menutupi atap rumah dan keluarga tersebut tenggelam. Setelah meninggal,bertemulah keluarga tersebut dengan Tuhan dan bertanya, “Tuhan, mengapa Engkau tidak menolongku ketika banjir datang, padahal aku sudah berdoa dan percaya?” Lalu Tuhan menjawab, “tahukah kamu, bahwa saya sudah kirimkan helikopter dan kapal untuk menyelamatkan kamu, tetapi kamulah yang menolaknya.”
Dari cerita diatas, sadarkah anda bahwa Tuhan mengirim agen asuransi untuk menolong anda ? Itulah sebabnya agen asuransi datang kepada anda dan menawarkan hal yang baik, jika anda tidak mengerti dengan asuransi atau polis, janganlah ragu untuk bertanya. Karena anda harus mengerti asuransi supaya di masa depan anda mengerti bagaimana asuransi dapat menolong anda.
Tuhan yang memelihara dan menyediakan kebutuhan setiap manusia. Tetapi Tuhan juga memberikan setiap manusia kepandaian dan kebijaksanaan untuk memenuhi kebutuhan kita. Apakah anda hanya diam dikamar tidur saja tanpa bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga? Tentu tidakkan?
6. Anda terlalu memaksa, saya tidak mau membeli dari anda.
Mungkin beberapa dari kita berpikir bahwa agen hanya mengejar komisi dan bersenang-senang saja dari hasil menjual polis hingga memaksa anda harus membeli asuransi. Komisi hanyalah penghargaan bagi agen karena menolong orang lain untuk mempunyai proteksi keuangan di masa depan.
Tahukah anda, seorang agen asuransi yang baik akan memaksa demi kebaikan anda. Jika anda tidak ingin membeli dari mereka, belilah dari orang yang anda percayai. Tidaklah penting bahwa anda membeli asuransi dari siapapun, sebagai agen asuransi jika anda merasa saya terlalu memaksa anda, saya mohon maaf tetapi saya tulus dan jujur melakukan demi klien saya agar masa depannya bisa terlindungi dengan baik.
Ketika anak saya menolak minum obat ketika sakit, saya akan memaksanya walaupun dia tidak suka. Demi kebaikan dia karena saya tahu bahwa setelah makan obat dia akan sembuh. Hal yang sama juga berlaku dengan agen yang menjual asuransi, mereka peduli dan sayang kepada anda, ini semua demi kebaikan anda. Pernah melihat dokter memaksa pasien untuk berobat? Percayalah dokter juga mengharapkan pasiennya cepat sembuh, adalah kebahagiaan tersendiri jika dokter bisa menolong pasien. Begitupun agen asuransi, memiliki kebahagiaan juga jika dapat menolong anda. Asuransi wajib dimiliki setiap orang.
7. Asuransi bertentangan dengan agama saya.
Bagi yang muslim, saya menulis postingan ini bukan untuk menghakimi ajaran agama anda. Saya setuju bahwa kita tidak boleh makan riba dari penghasilan yang kita dapatkan. Penghasilan kita haruslah didapatkan dari pekerjaan yang halal.
Tetapi saya juga percaya, bahwa ajaran agama apapun mengajarkan kita harus menggunakan penghasilan kita untuk menolong orang lain. Pernahkah anda mendengar program tabungan syariah dan asuransi syariah?
Mungkin sebagian dari kita berpikir programnya tetap mengandung riba, tahukah anda program konvensional dan syariah jauh berbeda sistem kerjanya. Asuransi syariah berbasis kan saling membantu antara satu dengan yang lainnya, uang yang terkumpul dari nasabah syariah akan digunakan untuk membantu nasabah syariah yang mengalami musibah, sistemnya adalah uang yang ada digunakan untuk membantu sesama yang mengalami musibah, sistemnya seperti arisan. Jangan khawatir jika anda membuat tabungan dan asuransi berbasiskan syariah, bahkan di negara Arab Saudi juga sudah mewajibkan asuransi bagi setiap jamaah, di Indonesia diawasi oleh badan MUI.
Jika anda butuh konsultasi tentang manfaat asuransi, bisa hubungi saya di tentang agen atau jika ingin membuat contoh proposal untuk kebutuhan asuransi anda bisa daftar bikin ilustrasi manfaat